Kelas 2 (Tema 1 Subtema 1 PB 3)
PEMBELAJARAN 3 TEMA 1 SUBTEMA 1 HIDUP RUKUN DI RUMAH KELAS 2
Ayo Mengamati!
Ayo Menulis!
Tuliskan kalimat yang mengandung ungkapan! Gunakan huruf tegak bersambung.
1. tinggi hati
2. cepat kaki ringan tangan
- …
- …
Udin memiliki sikap yang ramah dan sopan. Sikap ramah dan sopan diperlukan untuk menjaga kerukunan.
Ayo Bernyanyi!
Nyanyikan lagu Peramah dan Sopan! Tandailah bagian yang dinyanyikan pendek. Tandailah bagian yang dinyanyikan panjang.
Bu-kan-nya cong-kak
… … … … …
Bu-kan-nya som-bong
… … … … …
Yang di-sa-yang-i han-dai dan tau-lan
… … … … … … … … … …
Ha-nya a-nak yang tak per-nah bo-hong
… … … … … … … … … …
Ra-jin be-ker-ja
… … … … …
Pe-ra-mah dan so- pan
… … … … … …
Selain panjang pendek bunyi pada lagu, ada juga tekanan kuat dan lemah pada lagu.
Ayo Mengamati!
Dengarkan gurumu memperagakan kuat lemah tekanan pada lagu! Bagian yang tebal mendapat penekanan kuat. Nyanyikan bagian tersebut sambil bertepuk.
Bu-kan-nya cong-kak
Bu-kan-nya som-bong
Yang di-sa-yang-i han-dai dan tau-lan
Ha-nya a-nak yang tak per-nah bo-hong
Ra-jin be–ker–ja
Pe-ra-mah dan so- pan
Anak yang tidak sombong akan memiliki banyak teman. Kakak dan adik juga tidak boleh saling menyombongkan diri. Apa yang terjadi bila kakak atau adik menyombongkan diri?
Aku harus rendah hati supaya…
rendah hati = tidak sombong
sombong = tinggi hati = besar kepala
Mutiara senang menyanyi. Udin senang menggambar. Udin pernah menjadi juara menggambar. Mutiara belum pernah menjuarai lomba menyanyi. Namun, Udin tidak sombong.
Ayo Mengamati !
Udin meraih juara pertama lomba menggambar. Nomor peserta Udin 232. 232 dibaca dua ratus tiga puluh dua. Perhatikan contoh-contoh bilangan berikut!
345 dibaca tiga ratus empat puluh lima.
476 dibaca empat ratus tujuh puluh enam.
Ayo Berlatih !
Pasangkan bilangan dengan banyak kubus yang sesuai! Gunakan pensil warna untuk memasangkan gambar dan bilangan. Kemudian, bacalah bilangan tersebut.
Buatlah bilangan yang lain dengan menggunakan banyak kubus yang ada!
Tugas dalam materi diatas tidak perlu dikerjakan cukup kerjakan LKS Hal.16-17
Comments
Post a Comment