Kelas 2 (Tema 1 Subtema 1 PB 6)

PEMBELAJARAN 6 TEMA 1 SUBTEMA 1 HIDUP RUKUN DI RUMAH KELAS 2


Ayo Mengamati !
  • Contoh hidup rukun di rumah ialah :

  1. bermain dengan baik
  2. belajar dengan kakak
  3. makan bersama keluarga
  4. membantu orang tua
  5. meminjami adik mainan


Coba Praktekkan bersama teman dilingkungan mu, dengan bahasa inggris dan artinya ya... seperti contoh dibawah :

Amir: Budi, do you want to play a game at the internet cafĂ© after school? Me and some other friends plan to play there, do you want to join? (Budi, pulang sekolah nanti mau main game di warnet, nggak? Aku dan beberapa teman lain berencana main disana, kamu mau ikut?)

Budi: Thank you, but I think I can’t. I’m on cleaning duty today so I need to clean the class after school. (Terima kasih, tapi aku nggak bisa. Aku giliran piket kelas hari ini jadi aku harus membersihkan kelas pulang sekolah nanti.)

Amir: Oh, that’s right. Today is your turn, right? It’s too bad that our turn didn’t match, my turn was yesterday. So you came early this morning to clean the class too? (Oh iya, benar. Hari ini giliran kamu ya. Sayang banget kita piketnya nggak bareng, aku gilirannya kemarin. Jadi tadi pagi kamu datang lebih awal untuk membersihkan kelas juga?)

Budi: Of course, Amir. It’s the cleaning duty’s task to clean the class before and after the lesson. (Tentu saja, Amir. Itu kan tugasnya giliran piket untuk membersihkan kelas sebelum dan sesudah pelajaran.)

Amir: Don’t you think it’s too much for cleaning the class twice a day, Budi? (Bukankah menurut kamu berlebihan untuk membersihkan kelas dua kali dalam sehari, Budi?)

Budi: It’s indeed tiring, but I think that’s good for our study. Studying will be much better in the clean place and environment, right? (Itu memang capek, tapi menurutku hal itu baik untuk belajar kita. Belajar akan jauh lebih baik di tempat dan lingkungan yang bersih, kan?)

Amir: Yeah, you’re right about it, Budi. (Yah, kamu benar juga sih, Budi.)

selanjutnya belajar pengamalan Pancasila sila ke 4 dan 5 

Makna Sila Keempat Pancasila

"Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan" adalah bunyi sila keempat pancasila.

Makna dari sila ini adalah sebagai warga negara Indonesia kita mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.

Walaupun memiliki hak masing-masing, kita sebaiknya juga harus memerhatikan kepentingan bersama.


Makna Sila Kelima Pancasila

"Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia" seperti bunyinya, makna sila kelima menjelaskan mengenai keadilan yang harus didapatkan oleh seluruh masyarakatnya.

Keadilan ini berlaku untuk seluruh aspek kehidupan, termasuk juga hak dan kewajiban yang dimiliki masing-masing individu.

Keadilan Sosial juga memiliki berarti kita tidak boleh mementingkan diri sendiri. Kita harus mengutamakan kepentingan umum dalam hidup bermasyarakat.

Selain itu, aturan dan hukum yang berlaku di Indonesia juga harus adil. Siapa pun yang melanggar akan diberikan sanksi tanpa membedakan latar belakang.


Nah... Begitulah beberapa materi dari PB 6 , Tugas nya kerjakan LKS Hal. 25-26

serta yuk lihat video disini (https://youtu.be/D-73nYpbT5A)


Comments

Popular posts from this blog

KELAS 2 TEMA 3 SUBTEMA 1 PB 2 (PJOK/B.INDO/PPKN)

Kelas 2 (Tema 1 Subtema 2 PB 1)

Kelas 2 (Tema 1 Subtema 2 PB 2)